Saturday 23 March 2019

Review Folic Acid (Asam Folat) untuk Ibu Hamil

Pengertian..


Dilansir dari alodokter.comAsam Folat (Folic Acid) adalah jenis vitamin B yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, dan juga membantu mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Asam Folat  ini sangat penting bagi kebutuhan pada masa kehamilan ibu hamil. Karena apabila dikonsumsi secara rutin, sebelum dan selama kehamilan,  maka dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang pada bayi Anda.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang dilansir dari laman babycenter.com, bahwa manfaat utama dari folic acid adalah untuk mencegah terjadi kecacatan yang menyerang tabung syaraf, tulang belakang, dan otak.

Masalah dan Solusinya..

Jika ingin anak Anda lahir sehat dan sempurna (tidak cacat) maka salah satu upaya Anda adalah mengkonsumsi folic acid atau asam folat sebelum dan selama kehamilan karena dengan mengkonsumsi asam folat tiap hari dapat menurunkan resiko kecacatan pada bayi hingga 70%.

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9, yang juga disebut dengan folat. Asam folat sangat dibutuhkan untuk pembangunan dan regenerasi serta merupakan zat yang sangat penting pada minggu-minggu pertama kehamilan. Asam folat diperlukan untuk sintesa DNA dan sel divisi, formasi sel darah merah, beberapa reaksi yang berkenaan dengan metabolisme yang memerlukan lipids dan asam amino, yang nantinya berfungsi sebagai coenzyme.

Karena pertumbuhan jaringan/tissue dan divisi sel pada tubuh janin dan ibu lebih cepat pada saat kehamilan, terutama di bulan pertama, ada suatu peningkatan kebutuhan asam folat. Maka, sangat direkomendasikan bagi wanita-wanita untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat sebelum kehamilan, selama kehamilan dan pada masa menyusui.

Konsumsi asam folat setiap hari pada saat sebelum kehamilan ternyata terbukti mampu mengurangi resiko dari Neural Tube Disorder (NTD) dan Neural Tube Defects (NTDs), spina bifida dan anencephaly sebanyak 50-75%. Tetapi ingat, konsumsi asam folat tiap hari  ini sangat berbahaya bila  diberikan kepada orang yang potensial menderita defisiensi vitamin B (sumber: www.bidankita.com).

Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil..

Beragam produk susu khusus ibu hamil kerap menawarkan kandungan asam folat yang tinggi. Hal itu karena asam folat ini memiliki beragam manfaat bagi para ibu hamil di antaranya:
  • Berperan penting dalam membantu tabung saraf bayi berkembang pada otak dan sumsum tulang belakangnya untuk mencegah anak lahir tidak sempurna (cacat). Cacat lahir terjadi pada 3-4 minggu pertama kehamilan. Jadi, sangat penting bagi Anda agar mengonsumsi sumber atau suplemen asam folat untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.
  • Dipercaya dapat mencegah terjadinya bibir sumbing dan kelainan jantung pada bayi.
  • Kemungkinan dapat membantu mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan. 
  • Bisa mengobati anemia akibat kekurangan asam folat. 
  • Konsumsi asam folat yang cukup juga dipercaya dapat mengurangi risiko preeklamsia.
Asam folat biasanya ditemukan dalam makanan seperti kacang kering, kacang polong, jeruk, produk gandum, asparagus, hati, bit, brokoli, kubis brussels, dan bayam. Para ahli merekomendasikan agar mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya untuk mengurangi risiko cacat pada tabung saraf bayi. 

Dimulai setidaknya sebulan sebelum Anda berencana untuk hamil. Asam folat juga dikonsumsi selama berbulan-bulan (sekitar usia kehamilan 4 sampai 9 bulan) sebanyak 600 mikrogram, dan saat menyusui sebanyak 500 mikrogram.

Kesimpulan..


Dengan mengetahui pentingnya manfaat asam folat untuk ibu hamil ini, perbanyaklah mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan asam folat. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui perkembangan bayi Anda, dan jangan segan untuk konsultasikan segala keluhan Anda saat hamil pada dokter (Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian alodokter.com).

Manfaat Folic Acid untuk Ibu Hamil
➡ ORDER VIA TOKO CARA HAMIL

Admin Toko.carahamil.top

Admin Halaman Facebook Tips Hamil Sehat Menjual Produk-produk Kehamilan | Order Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli SpOG | Order Buku Panduan Lengkap untuk Ibu Hamil dr. Riyani Limoa, SpOG | Order Madu Penyubur Kandungan | "Produk dengan Harga Terbaik, Jujur dan Amanah!" Tak Percaya? Transaksi via Toko Cara Hamil, Klik Di Sini. Dapat Diskon, Jaminan Uang Kembali!

Berlangganan Update Artikel/Produk Terbaru via Email:

0 komentar:

Post a Comment

Copyrights @ CARA HAMIL - Blogger Templates By Templateism | Templatelib