Friday 12 April 2019

Bagaimana Cara Agar Menstruasi Cepat Selesai

Sebagian wanita mungkin membutuhkan informasi bagaimana cara agar menstruasi cepat selesai. Hal ini disebabkan karena alasan tertentu, misalnya saat mereka tengah berlibur, pergi umrah atau haji, melakukan aktivitas penting lainnya, hingga adanya alasan medis tertentu.


Ketahuilah bahwa menstruasi terjadi ketika sel telur yang matang tidak dibuahi oleh sel sperma. Hal ini rutin dan normal terjadi setiap bulannya pada wanita, kecuali bagi Anda yang sedang hamil. Siklus menstruasi berkisar antara 21 hingga 35 hari dengan durasi haid sekitar 2-7 hari lamanya. Siklus menstruasi bisa menjadi lebih singkat dan lebih teratur seiring bertambahnya usia. Selain itu, ada hal-hal lain yang dapat memengaruhi panjangnya waktu haid, meliputi stres, berat badan, dan hormon. Berikut ini adalah beberapa cara agar haid cepat selesai.  

- KB hormonal Baik pil KB maupun KB suntik, keduanya dapat digunakan untuk mengatur siklus haid Anda. Penggunaan KB suntik atau pil KB juga dapat meringankan kram dan nyeri saat haid, serta memperpendek durasi haid tiap bulan. Namun, konsumsi atau penggunaan alat kontrasepsi hormonal harus berdasarkan resep dokter, karena dokter akan menentukan jenis kontrasepsi hormonal apa yang cocok untuk Anda. 

Cara agar haid cepat selesai dengan menggunakan KB hormonal juga bermanfaat bagi Anda yang mengalami keluhan menstruasi yang berat. Beberapa jenis KB hormonal bahkan dapat mencegah anemia, menurunkan risiko kanker ovarium dan kanker rahim, serta menjaga kulit Anda tetap cerah. Namun perlu diingat bahwa cara ini butuh waktu beberapa bulan untuk bisa efektif. 

- Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), termasuk aspirin dan ibuprofen, dapat mengurangi kram dan banyaknya darah haid Anda. Obat jenis ini mampu mengurangi prostaglandin berlebih yang bisa meningkatkan kontraksi otot rahim. Obat antiinflamasi nonsteroid juga perlu dikonsumsi sesuai petunjuk dokter. 

- Vitamin C dapat mengurangi kadar progesteron dan membuat peluruhan lapisan rahim lebih cepat, sehingga dapat mempersingkat masa menstruasi Anda. Namun, perhatikan dosis vitamin C yang Anda konsumsi. Karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit perut dan diare. 

- Olahraga rutin rupanya bukan hanya bisa meningkatkan kesehatan Anda, namun juga membantu meringankan gejala menstruasi Anda. Hal ini juga dapat mengurangi jumlah hari saat Anda haid. Selain itu, berolahraga dapat meredakan kembung dan meminimalkan kram saat haid. 

- Stres dan kegelisahan bisa membuat Anda menjadi terbebani. Kondisi ini tidak baik bagi kesehatan dan juga dapat memengaruhi siklus haid Anda. Stres berlebih dapat menyebabkan haid tidak teratur. Karena itu, usahakan untuk mengontrol stres Anda sebaik mungkin. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi dan lamanya haid yang berbeda-beda. 

Selama haid Anda berlangsung sekitar 2-7 hari dan datang tepat waktu setiap bulan, berarti siklus haid Anda adalah normal. Namun jika jarak antara setiap menstruasi Anda terlalu singkat (kurang dari 21 hari), jika lamanya haid terlalu panjang (lebih dari 1 minggu), atau jika Anda mengalami keluhan yang berat setiap kali Anda haid, segeralah periksakan diri ke dokter.

Ada baiknya Anda selalu mencatat kapan siklus haid Anda berlangsung, sehingga bisa merencanakan kapan akan bepergian atau melakukan aktivitas tertentu, agar acara Anda tidak terganggu oleh siklus haid.

Sumber: www.alodokter.com

Admin Toko.carahamil.top

Admin Halaman Facebook Tips Hamil Sehat Menjual Produk-produk Kehamilan | Order Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli SpOG | Order Buku Panduan Lengkap untuk Ibu Hamil dr. Riyani Limoa, SpOG | Order Madu Penyubur Kandungan | "Produk dengan Harga Terbaik, Jujur dan Amanah!" Tak Percaya? Transaksi via Toko Cara Hamil, Klik Di Sini. Dapat Diskon, Jaminan Uang Kembali!

Berlangganan Update Artikel/Produk Terbaru via Email:

0 komentar:

Post a Comment

Copyrights @ CARA HAMIL - Blogger Templates By Templateism | Templatelib